8.19.2009

Address Lines dan Port

Data yang ada didalam sebuah komputer diakses melalui penghantar-penghantar logam yang disebut Address Lines. masing-masing membawa suatu bit dari informasi, sama seperti jalur data (data line). suatu kelompok adress line itu disebutnya Address Bus. seperti dengan data aja, suatu bit dapat on atau off, dan si alamat dapat direpresentasikan diatas kertas dengan 1 dan 0.

si alamat atau pengalamatan jarang direpresentasikan dalam bilangan biner. Mereka hampir selalu ditunjukkan dalam HEX dengan awalan ox. Pengecualian ada dalam diagram skematik. jalur individu (individual lines) dilabeli dengan singkatan menggunakan huruf kapital A, A0,A1,A2,...,dst.

kapan saja suatu variabel atau konstanta diakses dalam bahasa C, address lines yang sesuai diaktifkan. ini tidak jelas kelihatan karena variabel dan konstanta hampir selalu mengacu pada nama. yang jauh lebih mudah bekerja dengan words ketimbang memori si alamat yang tak dikenal. Ada cara yang secara langsung mengakses address dalam bahasa C. bisa dengan konsep yang sangat kuat tentang pointer. anda dapat mempelajarinya dalam tutorial yang disediakan oleh www.learn-c.com.

PC atau komputer sebenarnya memiliki 2 sistem memori. yang satu berhubungan dengan variabel dan konstanta seperti yang disebutkan diatas. nah yang satunya dengan apa yang disebut PORT. port-port menyediakan akses ke perangkat dunia-luar (outside-world devices). printer, serial communications, disk drives, sound cards, dan banyak lainnya, menggunakan port-port untuk monitoring dan control. suatu typical PC menggunakan A0 sampai A9 sebagai dasar pengalamatan port-port, dengan kondisi A9 selalu high. itu artinya bahwa range dari si alamat port itu dari 0x200 sampai 0x3FF

A9 A8   A7 A6 A5 A4   A3 A2 A1 A0

1  0    0  0  0  0    0  0  0  0 = 0X200 minimum port addres

A9 A8   A7 A6 A5 A4   A3 A2 A1 A0

1  1    1  1  1  1    1  1  1  1 = 0X3FF maximum port address

status port read/write tergantung pada keadaan dari jalur input/output Read and Write, dimana memang ditujukan untuk aktifitas port-port. jalur yang dimau harus low. kalau keduanya high, maka port I/O tidak akan bekerja. Jalur input/output Read disingkat IOR, dan jalur input/output Write disingkat IOW. tambahan, suatu jalur yang disebut Address Enable (AEN) harus low untuk akses port.

yang ini sampe sini dulu, gw juga masih baca-baca biar lebih faham,hahay..

next: How to Read a Schematic.

0 comment: